Jumat, 13 Juni 2014

Joko Widodo Keturunan Kyai Abdul Jalal I (pertama) Sang Penakluk Jogo Paten



Alas jogo paten yang ditaklukan Kyai Abdul Jalal I sehingga dukuh kaliyoso jogo paten yang kemudian jadi tanah perdikan yang diberikan oleh Sunan Pakubuwono IV sebagai Raja Keraton Kaumanan Surakarta Hadiningrat kepada Kyai Jalal I. Jika diurut silsilah keluarga besar Joko Widodo Calon Presiden RI 2014-2019 adalah keturunan Kyai Abdul Jalal I (khusus garis dari ayahnya Notomihardjo). Selain itu Kyai Abdul Jalal I juga pendukung Pangeran Diponegoro dan penyebar agama Islam di Indonesia.
Sumber untuk ini bisa dilihat di http/www.kaskus.co.id/thread/ 000000000000000016097756/silsilah-jokowi-sampai-kepada-syekh-maulana-maghribi dan www.jakartabagus.com/read/2012/08/22/6196/joko-widodo-keturunan-pengawal-pangeran diponegoro. Mizan menerbitkan buku Kyai Abdul Jalal I Sang Penakluk Jogo Paten (menapak jejak leluhur Joko Widodo), di buku ini gamblang dibahas sepak terjang Kyai Abdul Jalal I dan silsilah keturunannya.
Lebih menarik di buku ini, jika silsilah Kyai Abdul Jalal I ditarik ke atas akan ketemu di tahun 1300-an yang paling atas adalah Syekh Maulana Maghribi penyebar Islam di Jawa yang dianggap sebagai gurunya Wali Songo. Putranya bernama Jaka Tarub punya mantu Lembu Peteng keturunan Brawijaya V.
Berikutnya di silsilah ada nama Maulana Ahmad Jumadil Kubro dengan Nyai Wandan Kuning lalu Raden Pandanaran, Kyai Ageng Pangeran Manduroredjo (yang menjadi Patih Sultan Agung Mataram), lalu ke Mas Tumenggung Kartonagoro (Bupati Grobogan kala itu).
Sungguh picik jika ada yang memanipulasi keturunan Joko Widodo adalah keturunan Cina, padahal ibunya, Sujiatmi adalah seorang yang sholeha. Dan sampai saat ini Pesantren Abdul Jalal I Kaliyoso adalah buyut seorang Joko Widodo (dari Bapaknya).
Masjid Kaliyoso yang didirikan pada tahun 1790 adalah peninggalan Kyai Abdul Jalal I, dan masjid tersebut pada eranya termasuk pusat pengembangan Islam.

Silsilah Joko Widodo
Sampai tahun 1980-an Masjid Kaliyoso masih menjadi tempat sakral Islam khususnya khalayak Nahdatul Ulama. Mudah-mudahan fakta ini menjadi jawaban mengenai “ke-Islaman” Joko Widodo dan secara silsilah jelas.

Menjadi ironi jika isu Jokowi turunan Cina yang disebar luaskan oleh pihak Prabowo Subianto (PS), baik simpatisan maupun pihak lainnya. Justru fakta keluarga dari PS hanya dia sendiri yang Muslim, sedangkan tiga saudara lainnya mengikuti agama ibunya (Kristen). Kampanye seperti itu bak menepuk air di dulang terpercik muka sendiri, Jokowi yang diisukan Cina dan Islam abangan ternyata berasal dari keluarga yang soleh. Bahkan buyutnya (lihat silsilah) adalah tokoh-tokoh penyebar agama Islam.
Apapun agamanya seharusnya tidak jadi persoalan namun konvensi dari persyaratan RI-1, Presiden diharuskan dari kalangan Muslim (mayoritas) sehingga isu agama menjadi sangat sensitif dan seksi untuk kampanye hitam.

11 komentar:

  1. Termakasih Pak Eddy Junaidi, sebuah fakta yang harus dikemukakan untuk menghapus fitnah yang semena-mena

    BalasHapus
  2. Yang nulis dan penerbitnya mizan,shi'ah,gak heran,kawin kontrak atas nama agama di biarkan.....,gundulmu ku i,belum lagi menghujat sahabat????never vote jokuwi

    BalasHapus
  3. Sebaiknya jangan undi joko sebabnya ada keturunan Cina dan lagi dikhuatiri dia ada hubungan yang istimewa ama pemerintah Singapura.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Silsilah itu kurang pas...silahkan datang ke Kaliyoso untuk lebih jelasnya...

    BalasHapus
  6. Silsilah itu kurang pas...silahkan datang ke Kaliyoso untuk lebih jelasnya...

    BalasHapus
  7. Mohon diluruskan, Kyai Abdul Jalal bukan bapak dari Kyai Yahya

    Catatan: Sepertinya yang di Rodovid perlu diralat

    Menjadi

    » ♂ Kyai Gulu/ Ki Ageng Gulu/ Panggulu di Lawean
    » ♂ Kyai Honggowongso
    » ♂ Ngabei Niti Manggolo (Kyai Kerti Manggolo I)
    » ♀ Nyai Kartotaruno
    » ♂ Kyai H. Moch Qorib Bagus Murtodjo
    » ♂ Kyai Yahya

    Atau

    » ♂ Kyai Gulu/ Ki Ageng Gulu/ Panggulu di Lawean
    » ♂ Kyai Joyowongso
    » ♂ Kyai Kartotaruno
    » ♂ Kyai H. Moch Qorib Bagus Murtodjo
    » ♂ Kyai Yahya


    Sementara itu mengenai Jokowi, saya tidak tahu.

    BalasHapus
  8. Diagram hubungan antara Kyai Haji Yahya dan Kyai Abdul Jalal, yang lebih jelas dapat dilihat di
    * https://github.com/epsi-rns/gitodipuro/blob/master/silsilah.md

    BalasHapus
  9. Diagram selengkapnya
    * https://github.com/epsi-rns/catatan-silsilah/blob/master/README.md

    BalasHapus
  10. gawe gambar tulisan asal njeplak

    BalasHapus
  11. jadi saya keturunan siapa coba?

    BalasHapus